Arsenal Godok Konsep 'Fans Virtual' Di Emirates Stadium

By Angelice Onggi - Jumat, Juni 05, 2020

Arsenal Ingin Adakan "Fans Virtual"

Arsenal Terapkan Konsep 'Fans Virtual' Di Emirates Stadium

Arsenal Ingin Adakan "Fans Virtual"

The Gunners Mencari Cara Agar Tetap Bisa Melibatkan Suporter Mereka di Stadion Jelang Dimulainya Kembali Liga Primer Inggris pada 17 Juni Mendatang dengan Tanpa Penonton

London, Inggris ~ Arsenal tengah menggodok beberapa konsep agar bisa "menghadirkan" fans ke Emirates Stadium untuk deretan pertandingan di Liga Primer Inggris musim ini yang bakal kembali digelar dalam waktu dekat.

Pasukan Mikel Arteta dijadwalkan melanjutkan Liga Utama Inggris musim 2019/20 pada 17 Juni mendatang melawan juara bertahan Manchester City.

Sejauh ini, Liga Primer belum mengonfirmasi jadwal sesusah laga di Etihad Stadium tersebut, namun Arsenal masih memiliki empat laga kandang untuk dimainkan dalam sisa kampanye musim ini, melawan Norwich City, Leicester City, Liverpool dan Watford.

Dan sebelum klub kembali beraksi, kubu London utara sedang mendiskusikan beberapa cara agar tetap bisa melibatkan para fans dalam pertandingan meski semuanya akan digelar tanpa penonton karena Pandemi Virus Corona.

Berbagai opsi dibahas, salah satunya adalah menghadirkan suporter langsung di stadion melalui Zoom, dengan wajah mereka ditayangkan pada beberapa layar raksasa.

Langkah kreatif dan inovatif itu telah terlebih dahulu dilakukan oleh klub Denmark, AGF Aarhus yang kembali bermain di Superliga melawan Randers pekan lalu. Selain memunculkan wajah para suporter Aarhus juga tak lupa mengumandangkan teriakan dan nyanyian mereka melalui pengeras suara stadion.

Arsenal menegaskan bahwa mereka belum berbicara dengan Aarhus dan menanyakan pengalaman tentang penerapan konsep tersebut, seperti yang disarankan banyak pihak, namun mengakui bahwa mereka sedang mencari opsi yang berbeda agar memungkinkan fans tetap terlibat dalam hari pertandingan.

"Kami sedang mengeksplorasi berbagai cara untuk membawa penggemar ke stadion 'secara virtual'," kata seorang juru bicara klub.

Dalam survei yang digelar baru-baru ini, kelompok Arsenal Supporters' Trust (AST) bertanya kepada anggota mereka tentang bagaimana seharusnya klub-klub Liga Primer menyikapi nasib fans selama periode pertandingan tanpa penonton dan opsi paling populer adalah meletakkan spanduk dan pernak-pernik klub di bangku stadion.

Berdasarkan skor rata-rata dari semua respons, opsi itu menerima nilai 65 dari 100, dengan hang-out fans online jadi kedua yang paling populer, dengan nilai 51/100. Opsi fans menonton melalui Zoom berada di urutan ketiga, skornya 46/100.

Opsi yang paling tidak populer, dengan skor 24/100, adalah menampilkan fans maya yang dipancarkan secara virtual di tribune stadion.

Yang menarik, ketika ditanya apa yang ingin mereka dengarkan selama siaran TV dari pertandingan, kebanyakan memilih suara berlangsungnya laga secara natural (68%) ketimbang harus dihiasi dengan rekaman teriakan dan nyanyian suporter (32%).

Sementara itu, Arsenal berharap untuk bisa memainkan setidaknya dua laga uji coba secara tertutup sebelum menghadapi Manchester City pada 17 Juni. Liga Primer memang telah memberi izin kepada klub-klub untuk melakukan uji coba sebelum melanjutkan kompetisi, namun wajib menerapkan protokol COVID-19 secara ketat.

Klub-klub tidak diperbolehkan melakukan perjalanan lebih dari 90 menit untuk melakoki sebuah uji coba dan harus bepergian secara mandiri secara bersama-sama dengan bus tim. West Ham United diyakini akan menjadi salah satu tim yang diajak uji coba oleh Arsenal dalam dua pekan ke depan.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments