Arjen Robben Pensiun lagi

By Angelice Onggi - Jumat, Juli 16, 2021

AGEN SBOBET, Arjen Robben memutuskan untuk mengakhiri kariernya dalam bermain sepakbola profesional. Ini adalah kali kedua ia pensiun.

Robben, yang kini berusia 37 tahun, sebenarnya sudah sempat mengumumkan gantung sepatu dari sepakbola profesional pada 4 Juli 2019 usai meninggalkan Bayern Munich.

Namun, nyaris genap satu tahun berselang pada 27 Juni 2020, Arjen Robben mengumumkan dirinya kembali meramaikan kancah persepakbolaan dengan membela Groningen.

Keputusan bermain untuk Groningen ini tak lepas dari fakta bahwa klub Belanda itu adalah tempat Robben mengawali kariernya secara profesional. Kini, di klub itu pula sosok yang pernah membela PSV, Chelsea, dan Real Madrid tersebut menutup karier.

"Dear sobat sepakbola, aku sudah memutuskan untuk mengakhiri karier aktifku di sepakbola. Sebuah keputusan yang amat sulit. Aku ingin berterima kasih atas segala dukungan yang amat hangat," kata Arjen Robben.

Arjen Robben, yang juga mencetak 37 gol dalam 96 caps buat Belanda sebelum pensiun dari timnas pada 2017, cukup sering dihantui cedera dalam kariernya. Hal itu pula yang terus mengusiknya saat kembali ke Groningen.

Sepanjang musim lalu, Robben tercatat cuma bisa tampil tujuh kali buat Groningen. Dari jumlah itu, ia membuat dua assist tanpa mencetak gol.

"Melihat kembali ke musim lalu, aku harus memberi kesimpulan jujur bahwa menit penampilanku dalam pertandingan terbilang mengecewakan," ucapnya.

Dalam kariernya, Arjen Robben tampil 59 kali buat FC Groningen dalam laga resmi. 52 penampilan awal ia buat selama dua musim di awal karier, dengan tujuh sisanya pada musim penutup karier.

"Pemain bintang ini membuat debut di usia 16 tahun pada 3 Desember 2000 dalam laga tandang lawan RKC Waalwijk. Laga resmi terakhir yang dimainkan Robben dalam balutan seragam hijau-putih adalah partai playoff lawan FC Utrecht pada 19 Mei tahun ini," sebut situs resmi Groningen, dalam ucapan perpisahannya dengan Arjen Robben.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments