[VIDEO] CUPLIKAN GOL RB Leipzig 0-2 Borussia Dortmund: Tumpas Leipzig, Dortmund Pastikan Finis Runner-Up Bundesliga

By Angelice Onggi - Minggu, Juni 21, 2020


AGEN SBOBETLeipzig - Borussia Dortmund memastikan diri finis kedua di Bundesliga 2019/2020. Menyusul kemenangan di kandang RB Leipzig dengan skor 2-0.

Dengan tambahan tiga poin ini Dortmund mengumpulkan 69 poin hasil 33 pertandingan unggul enam poin dari rival terdekatnya, Leipzig. Mengingat Liga Jerman tinggal menyisakan satu pertandingan perolehan angka Die Borussen tidak akan bisa dikejar Leipzig lagi.

Pada pertandingan di Red Bull Arena, Sabtu (20/6/2020) malam WIB, Erling Haaland menjadi penentu kemenangan Dortmund. Striker berusia 19 tahun itu memborong dua gol timnya yang tercipta di masing-masing babak.

Peluang pertama diperoleh Leipzig. Di menit kedelapan, sebuah umpan terobosan diterima Patrick Schick untuk diteruskan dengan sepakan first-time kaki kiri, tapi bola masih melayang di atas gawang Dortmund.

Dortmund membalas empat menit berselang. Raphael Guerreiro menusuk kotak penalti Leipzig sebelum melepaskan umpan tarik kepada Thorgan Hazard, tapi tembakannya masih bergulir di samping tiang kanan gawang.

Di menit ke-15, Dortmund kembali mengancam Leipzig. Hazard melewati penjagaan Dayot Upamecano untuk mengirim umpan kepada Haaland. Sepakan bomber muda Norwegia itu bisa diselamatkan Peter Gulacsi.

Dortmund masih mendominasi. Gulacsi mesti kembali menyelamatkan gawangnya untuk menepis sepakan voli Hazard hasil umpan Mats Hummels.

Kebuntuan Dortmund akhirnya terpecah di menit ke-30. Haaland membuka keunggulan tim tamu untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Dari sayap kanan, Julian Brandt melepaskan umpan tarik kepada Giovanni Reyna. Umpan Reyna dituntaskan Haaland dengan sontekan kaki kiri dari jarak dekat yang menggetarkan gawang Leipzig.

Di menit-menit akhir babak pertama, Leipzig menunjukkan perlawanan melalui Timo Werner. Akan tetapi, tembakan Werner dari sudut sempit di sisi kiri kotak penalti ditepis Roman Buerki dengan kakinya. Bola pantul disambar Kevin Kampl, tapi dengan mudah bisa ditangkap Buerki.

Usai turun minum. Dortmund langsung menekan. Tusukan Haaland diakhiri Mateu Morey dengan sontekan yang masih melenceng.

Haaland hampir menciptakan gol kedua bagi Dortmund di menit ke-52. Guerreiro membebaskan Haaland di sayap kiri, lalu diteruskan dengan sepakan yang mengenai kaki Gulacsi sebelum bola memantul mengenai mistar gawang Leipzig.

Marcel Schmelzer membuat intersepsi krusial yang menggagalkan peluang Leipzig di menit ke-70. Sebelumnya, tembakan mendatar Morey bisa diselamatkan Gulacsi.

Sekalipun kemudian lebih mendominasi, Leipzig kesulitan menciptakan peluang bersih. Baru di menit ke-89 Leipzig mengancam gawang Dortmund lagi setelah sundulan Schick, melayang tipis.

Di pengujung pertandingan, Dortmund justru menambah keunggulannya lagi-lagi melalui Haaland. Umpan silang Brandt diceploskan Haaland dari jarak dekat, kendati dalam kawalan ketat Amadou Haidara. Skor 2-0 untuk Dortmund bertahan sampai laga selesai.

Susunan Pemain

RB Leipzig (4-4-2) : Peter Gulacsi; Lukas Kloesterman (Tyler Adams 46'), Nordi Mukiele, Dayot Upamecano, Marcel Halstenberg; Kevin Kampl (Amadou Haidara 71'), Marcel Sabitzer (Dani Olmo 39'), Angelino, Emil Forsberg (Ibrahima Konate 75'); Timo Werner (Christopher Nkunku 71'); Patrik Schick.

Borussia Dortmund (3-4-3) : Roman Burki; Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Emre Can; Mateu Morey (Jadon Sancho 78'), Axel Witsel, Julian Brandt, Raphael Guerreiro (Dan-Axel Zagadou 90+1'); Thorgan Hazard (Nico Schulz 90+2'), Giovanni Reyna (Leonardo Balerdi 81'), Erling Haaland.


VIDEO CUPLIKAN GOL RB Leipzig 0-2 Borussia Dortmund


  • Share:

You Might Also Like

0 comments