Studi Terbaru, Rashford dan Haaland Jadi Pemain Termahal Saat Ini

By Angelice Onggi - Rabu, Maret 24, 2021

AGEN SBOBET, Lembaga penelitian International Centre for Sports Studies (CIES) merilis daftar valuasi terbaru harga para pemain top di lima liga terbesar Eropa. Hasilnya, Marcus Rashford dan Erling Haaland berada di urutan teratas.

Laporan ini baru terbit pada Senin (22/3/2021) lalu. Dalam pernyataan di situs resminya, CIES menyebut daftar ini dibuat berdasarkan perhitungan algoritma berbasis sains yang telah mereka kembangkan.

Tak hanya nilai jual sang pemain, CIES juga menghitung persentase nilai aset si pemain dalam tim yang ia bela saat ini. Dari situ, terlihat betapa berharganya sang pemain bagi klub tersebut.

Ada 13 pemain yang bernilai di atas 100 juta Euro. Tak disebutkan adanya batas usia pemain yang dinilai dalam studi ini, namun nyaris semuanya berusia tak lebih dari 25 tahun, kecuali Harry Kane (27 tahun).

Kemungkinan, CIES juga mempertimbangkan durasi masa edar sang pemain dalam melakukan perhitungan. Dengan begitu, para pemain bintang yang masih belia atau di usia emas bisa memiliki kans untuk bernilai lebih besar.

Jika benar, hal itu bisa sedikit menjelaskan mengapa tak ada nama-nama bintang seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, atau Neymar di daftar ini.

Rashford berada di urutan teratas dengan valuasi 150-200 juta Euro. Nilai asetnya mencapai 14,8 persen dari total seluruh skuad Manchester United.

Haaland berada di posisi kedua. Valuasinya sama dengan Rashford, namun nilai asetnya mencapai 21,5 persen dari total nilai seluruh skuad Dortmund. Dari sini, bisa disimpulkan bahwa MU punya nilai skuad lebih besar dari Dortmund.

Joao Felix (Atletico Madrid) berada di urutan ketiga dengan valuasi 120-150 juta Euro. Phil Foden (Manchester City), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), dan Bukayo Saka (Arsenal) berada di urutan berikutnya dengan valuasi yang sama dengan Joao Felix, namun memiliki nilai aset yang berbeda-beda.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments