MotoGP Qatar: Vinales Menang, Joan Mir Gigit Jari

By Angelice Onggi - Senin, Maret 29, 2021

AGEN SBOBET, Maverick Vinales tampil gemilang pada balapan pembuka MotoGP 2021. Ia tampil sebagai juara MotoGP Qatar, sementara juara dunia Joan Mir gigit jari.

Vinales yang start dari posisi tiga di sirkuit Losail, Senin (29/3/2021) dini hari WIB, turun ke posisi lima memasuki tikungan pertama. Tapi pelan-pelan ia memperbaiki posisi hingga bisa menyodok ke urutan terdepan pada putaran ke-15.

Rider Monster Energy Yamaha itu lantas membuka jarak dan memastikan finis terdepan. Drama terjadidi perebutan posisi 2-3.

Juara dunia MotoGP Joan Mir sempat merebut posisi dua di lap terakhir. Tapi Johann Zarco dan Francesco Bagnaia menguntitnya dan memanfaatkan kesalahan Mir di tikungan terakhir untuk menyalip.

Alhasil Mir gagal finis di zona podium, kalah dari Zarco dan Bagnaia.

Jalannya Balapan

Selepas start, Bagnaia mempertahankan posisi terdepan. Jack Miller melesat ke posisi dua, disusul Johann Zarco dan Jorge Martin. Ducati menguasai empat terdepan memasuki tikungan pertama!

Posisi tersebut tak berubah sampai satu putaran tuntas. Trio Yamaha Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi berturut-turut di posisi 5-7. Danilo Petrucci menjadi pebalap pertama yang crash.

Quartararo dan Vinales menyalip Martin di putaran ketiga. Sementara Rossi turun ke posisi sembilan usai dilewati duo Suzuki: Alex Rins dan juara dunia, Joan Mir.

Quartararo dan Vinales terus memangkas jarak dengan tiga terdepan. lima putaran berjalan, Rins melewati Martin dan merebut posisi keenam.

Quartararo berhasil melewati Miller di putaran keenam dan berhasil mempertahankannya di trek lurus. Rossi kini ada di posisi 10 setelah disapil Aleix Espargaro.

Vinales menyusul Miller di putaran kedelapan. Di depan, Bagnaia mulai ditempel Zarco.

15 lap tersisa, urutannya adalah: Bagnaia, Zarco, Quartararo, Miller, Vinales, Rins, Mir, Martin, A.Espargaro, Oliveira, Rossi, P.Espargaro, Binder, Bradl, Marquez, Bastianini, Lecuona, Marini, Morbidelli, Savadori

Vinales sukses mendahului Quartararo memasuki putaran ke-11 dan merebut urutan ketiga. Di belakangnya, Miller yang sempat bertarung dengan Rins, kini mulai menekan Quartararo. Miller berhasil menyalip di putaran berikutnya.

Tak lama kemudian, Vinales menyusul Zarco untuk merebut posisi kedua. Rins tak lama berselang merebut posisi lima dari Quartararo. Bagnaia masih memimpin, disusul Vinales, Zarco, Miller, Rins, dan Quartararo di enam besar.

Vinales terus menempel Bagnaia sejak merebut posisi kedua. Zarco masih menguntit, sementara Rins berhasil merebut posisi empat dari Miller di putaran ke-14.

Usaha Vinales membuahkan hasil di putaran ke-15, ia memimpin balapan usai menyalip Bagnaia. Zarco, Rins, Miller, dan Mir melengkapi enam besar dengan Quartararo turun ke urutan tujuh.

Zarco melewati Bagnaia dan membuka jarak hingga hamir sedetik di putaran ke-18. Tapi Vinales sudah unggul 0,6 detik lebih di posisi terdepan. Di belakang mereka: Mir, Rins, dan Quartararo.

Mir berhasil menyalip Bagnaia di putaran ke-20 untuk masuk zona podium. Di depan, Vinales sudah unggul 1,4 detik dengan dua putaran tersisa.

Mir tak berhenti, ia mendahului Zarco dan naik ke posisi dua di putaran terakhir. Tapi ceritanya tak berhenti di sana. Mir melebar di tikungan terakhir, lalu Zarco dan Bagnaia menyalip di trek lurus dan merebut posisi 2-3!

Vinales menjadi pemenang, disusul Zarco dan Bagnaia. Mir, Quartararo, dan Rins ada di urutan 4-6. Melengkapi 10 besar adalah Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Jack Miller, dan Enea Bastianini.

Valentino Rossi finis di posisi 12, sementara rekan setimnya, Franco Morbidelli, di urutan 18. Tiga pebalap gagal finis, yakni Alex Marquez, Takaaki Nakagami, dan Danilo Petrucci.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments