Swedia Menolak Sarankan Warga Pakai Masker, Ini Alasannya

By Angelice Onggi - Rabu, September 02, 2020

Kota di Swedia.

AGEN SBOBET, Meski sedang dilanda COVID-19 Swedia yang sebelumnya tetap membuka tempat perbelanjaan, kini kembali menarik perhatian dunia dengan menolak untuk merekomendasikan penggunaan masker.

Sebagian besar negara telah sepakat untuk menutup hidung serta mulut mereka di tempat orang banyak. Namun lain halnya dengan Swedia yang pergi ke sekolah, berbelanja, ataupun saat menggunakan transportasi umum, tidak menggunakan masker. Hanya beberapa warga yang menutupi wajahnya.

Pejabat kesehatan masyarakat berpendapat bahwa masker tidak cukup efektif dalam membatasi penyebaran virus corona. Mereka percaya lebih penting untuk menerapkan jarak sosial serta mencuci tangan dibanding dengan menggunakan masker.

“Saya pikir ini agak aneh, Swedia sebagai negara kecil berpikir bahwa mereka lebih tahu mana yang lebih baik dibanding dengan negara lain di dunia, sangat aneh,” Kata Jenny Ohlsson pemilik toko Froken Sot yang menjual masker kain warna-warni di lingkungan Sodermalm di Stockholm.

Negara Skandinavia itu memiliki angka kematian tertinggi ketujuh di dunia dengan 575 per juta penduduk, terutama karena gagalnya melindungi orang tua di panti jompo pada tahap awal pandemi. Swedia tidak pernah menutup sekolah, bisnis, atau kafe serta restorannya, membiarkan virus beredar dan menyebabkan tingkat penularan komunitas yang tinggi.

Tidak seperti negara di Eropa lainnya yang mengalami kebangkitan kasus seperti Prancis, Belanda, Jerman, Belgia, Spanyol, dan Italia, data Swedia sekarang tampaknya mengarah ke arah yang benar turun.

Seorang ahli epidemiologi di Institut Riset Kesehatan Terapan Universitas Birmingham, KK Cheng mengatakan “Penalaran seperti itu tidak bertanggung jawab dan keras kepala, jika dia salah, itu membutuhkan nyawa, jika saya salah, apa salahnya? “Kata Cheng meminta Swedia untuk mengubah arah.

Tetangga Skandinavia Swedia juga lama tidak percaya akan penggunaan masker, tetapi semua telah berubah dalam beberapa minggu terakhir.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments