Respons Kunjungan Pejabat AS ke Taiwan, China Latihan Perang

By Angelice Onggi - Sabtu, September 19, 2020


AGEN SBOBETChina menggelar latihan perang di dekat Selat Taiwan untuk merespons kunjungan pejabat tinggi Amerika Serikat ke Taipei. Beijing sebelumnya telah menegaskan bahwa mereka sangat menentang kedatangan Wakil Menteri AS Keith Krach.

Pada konferensi pers pada Jumat (18/9) pagi, Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Ren Guoqiang mengatakan pihaknya mengadakan latihan tempur di dekat Selat Taiwan.

Hal itu diungkapkan Ren ketika menjawab pertanyaan bagaimana Beijing menanggapi kunjungan Krach.

"Ini adalah tindakan yang sah dan perlu diambil untuk menjaga kedaulatan China dan integritas teritorial dalam menanggapi situasi saat ini di Selat Taiwan," kata Ren Guoqiang.

Dia juga memperingatkan bahwa tentara China memiliki kemampuan yang memadai untuk melawan ancaman atau tantangan dari separatis Taiwan.

China selama ini menganggap Taiwan sebagai bagian wilayahnya dan berjanji bakal merebut, meski dengan kekerasan.

Ren menuduh AS sering mencari masalah atas Taiwan. Menurut dia, Taiwan merupakan urusan dalam negeri China. "Dan kami tidak akan mentolerir campur tangan pihak luar," ujarnya.

Beijing telah meningkatkan tindakan militer di Selat Taiwan dalam upaya untuk mengintimidasi. Dalam beberapa pekan terakhir, Taiwan melaporkan jet tempur China berulang kali menerobos masuk ke ke zona identifikasi pertahanan udara mereka.

Hubungan antara AS dan China berada pada titik terendah dalam beberapa dekade. Kedua negara adidaya itu berseteru dalam berbagai masalah, mulai dari perdagangan, militer dan keamanan serta pandemi virus corona.

Kepemimpinan Komunis China menolak setiap pengakuan atas Taiwan.

Pendekatan AS ke Taiwan di bawah komando Presiden Donald Trump telah menjadi sumber perselisihan baru bagi Washington dan Beijing.

Keith Krach, Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk pertumbuhan ekonomi, energi dan lingkungan, mendarat di Taipei pada Kamis (17/9) untuk kunjungan tiga hari.

Kedatangan Krach merupakan kunjungan pejabat AS kedua setelah Menteri Kesehatan Alex Azar pada Agustus lalu.

Azar berkunjung ke Taiwan bulan lalu untuk menyoroti upaya Taipei yang dipuji karena dinilai berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19.

Krach diagendakan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen dan sejumlah pejabat senior lainnya. Dia juga akan menghadiri upacara peringatan mendiang Presiden Lee Teng-hui pada Sabtu esok.

Kunjungan Krach melanjutkan agenda serupa kedatangan Azar ke Taiwan. Hingga saat ini AS dan Taiwan masih mempertahankan hubungan tidak resmi sejak terjadi jeda diplomatik.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments