RESMI : AFC Tunda Piala Asia U-16 & U-19, Piala AFC Musim Ini Dihentikan

By Angelice Onggi - Jumat, September 11, 2020

RESMI : Piala AFC 2020 Dihentikan

AFC Menghentikan Piala AFC 2020 dan Menunda Piala Asia U-16 & U-19

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Secara Resmi Menghentikan Kompetisi Piala AFC 2020 dan Menunda Piala Asia U-16 & U-19 Karena Belum Berakhirnya Pandemi Virus Corona yang Membuat AFC Mengambil Keputusan Tersebut

Jakarta, Indonesia ~ Rapat Eksekutif AFC yang digelar secara virtual pada Kamis (10/09/2020) petang WIB, menghasilkan keputusan penting terkait kalendar kompetisi AFC pada 2020 ini.

Situasi pandemi virus corona yang melanda dunia saat ini terpaksa membuat agenda kompetisi berantakan, hingga AFC selaku konfederasi sepakbola Asia harus mengambil keputusan.

Ditetapkan, bahwa Piala Asia U-16 2020 di Bahrain, dan juga Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan, harus ditunda hingga tahun depan karena kondisi akibat wabah virus corona.

Sementara Kejuaraan Futsal AFC tahun ini, yang dihelat di Kuwait, harus dipindah dari November ke Desember, untuk memberi ruang para peserta melakukan persiapan.

Keputusan besar lainnya adalah kompetisi Piala AFC untuk musim ini dihentikan secara total, setelah keputusan sebelumnya untuk menggelar fase grup secara terpusat pun tidak mudah, dan penundaan yang berlarut bisa membuat agenda musim depan berantakan.

"Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepakbola dan olahraga secara umum. Kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesejahteraan finansial AFC dan anggota lainnya," ucap Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, presiden AFC

"Saya yakin bahwa dengan persatuan dan solidaritas yang membuat AFC dikagumi di seluruh kalangan sepakbola, kami dapat mengatasi tantangan terbaru ini,” sambungnya.

Dengan demikian, timnas Indonesia U-16 harus menunda aksi mereka di Piala Asia U-16, yang semestinya digelar November tahun ini. Pun juga timnas Indonesia U-19 yang tengah pemusatan latihan di Kroasia untuk Piala Asia U-19 2020, yang semestinya Oktober.

Sementara dua wakil Indonesia di kompetisi AFC, Bali United dan PSM Makassar, juga tinggal fokus di Liga 1 2020 saja, yang akan dilanjutkan 1 Oktober 2020 mendatang.

Pada rapat Eksekutif AFC ini juga, telah dipaparkan laporan audit finansial selama 2019, serta diputuskan bahwa tidak ada Kongres AFC ke-30, di Kuala Lumpur, Malaysia.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments