Horor Topan Haishen Hajar Jepang Kini Korsel Pun Diterjang

By Angelice Onggi - Selasa, September 08, 2020


AGEN SBOBETSeoul - Topan Haishen yang begitu kuat telah menerjang Jepang. Kini, horor topan itu beralih ke Korea Selatan, hingga membatalkan jadwal penerbangan.

Penilaian awal pada Senin pagi waktu setempat menunjukkan bahwa badai itu tidak menimbulkan kerusakan melebihi dari yang dikhawatirkan, meskipun ratusan ribu rumah yang ditinggalkan tanpa aliran listrik di sebagian besar pulau Kyushu selatan Jepang.

Pada pukul 7 pagi, topan itu berada 30 kilometer (sekitar 20 mil) di utara pulau Tsushima dan dikategorikan sebagai badai "besar" dan kuat, yang melemah dalam semalam. Namun topan itu masih mengeluarkan hembusan angin hingga 216 kilometer per jam.

Badan pemrakira cuaca di Korsel menyebut, badai menuju ke Busan, kota terbesar kedua di Korea Selatan.

Akibatnya, lebih dari 300 penerbangan dari 10 bandara dibatalkan dan beberapa perjalanan kereta api ditangguhkan.

Puluhan orang mengalami luka menurut laporan media penyiaran nasional NHK. Kebanyakan dari mereka adalah orang tua.

Di Goto Nagasaki, empat orang terluka setelah kaca jendela yang pecah melemparkan kaca ke pusat evakuasi pada Senin (7/9) pagi, kata seorang pejabat departemen pemadam kebakaran setempat.

"Tidak jelas apakah jendela itu dihancurkan oleh embusan angin atau sesuatu yang meniupnya," katanya.

Pejabat pemantau cuaca telah memperingatkan hembusan terkuat badai akan cukup kuat untuk membalikkan mobil dan mematahkan tiang listrik.

Pada Senin (7/9) pagi, sekitar 476.000 rumah tangga tanpa listrik, menurut Kyushu Electric Power, meningkatkan kekhawatiran sengatan panas bagi mereka yang tidak memiliki AC.

Pihak berwenang mengeluarkan perintah evakuasi tidak wajib dan imbauan tingkat rendah untuk lebih dari tujuh juta orang.

Namun mereka juga meminta warga untuk menghindari keramaian di tempat penampungan guna mengurangi risiko infeksi virus Corona.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments