Presiden China Kirim Surat ke Jokowi Saat Peringatan HUT ke-75 RI

By Angelice Onggi - Selasa, Agustus 18, 2020

Jokowi berjabat tangan dengan Xi Jinping dalam KTT APEC tahun 2018

AGEN BOLAPresiden China, Xi Jinping, mengirimkan surat kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75. Dalam surat itu, Presiden Xi menyebut hubungan kedua negara terpelihara dengan baik.

Kedutaan Besar China untuk Indonesia dalam pernyataan melalui halaman Facebook-nya menyebut surat itu berisi ucapan kepada Jokowi berkenaan HUT RI ke-75 yang jatuh pada 17 Agustus ini.

"Xi Jinping, dalam suratnya menunjukkan hubungan Tiongkok-Indonesia kini memelihara kecenderungan baik," demikian pernyataan Kedutaan Besar China untuk Indonesia.

"Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah COVID-19," imbuh pernyataan tersebut.

Dalam suratnya, Presiden Xi mengharapkan kedua negara mendorong pemulihan produksi dan pembangunan bersama Sabuk dan Jalan, menjaga multilateralisme dan situasi umum penanggulangan wabah bersama secara global.

"Memberikan kontribusi positif kepada kesehatan dan kesejahteraan rakyat kedua negara serta seluruh dunia," sebut pernyataan itu.

Menurut Kedutaan Besar China, Presiden Xi juga menyatakan bahwa dirinya menaruh perhatian besar kepada hubungan China dan Indonesia.

"Bersedia berupaya bersama dengan Presiden Joko Widodo untuk secepatnya mengalahkan wabah COVID-19, bersama-sama menciptakan situasi baru pada era baru di mana kedua negara berkembang bersama untuk mencapai kemenangan bersama, serta terus memajukan Kemitraan Strategis Komprehensif antara kedua negara," tandas pernyataan tersebut.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments