Brasil Ikut Produksi Vaksin Corona Buatan Rusia Mulai 2021

By Angelice Onggi - Jumat, Agustus 14, 2020


AGEN SBOBETBrasilia - Sebuah institut teknologi Brasil menyatakan akan ikut memproduksi vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Rusia, Sputnik V, yang kontroversial. Produksi massal vaksin Corona buatan Rusia itu di Brasil akan dimulai pada paruh kedua tahun 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan ke publik setelah Institut Teknologi Parana atau Tecpar, yang ada di negara bagian Parana, menandatangani MoU dengan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) soal produksi vaksin Corona itu.

Tecpar menyatakan bahwa pihaknya mungkin akan mengimpor vaksin lebih awal dari masa produksi, jika regulator kesehatan federal Braisl, Anvisa, mengizinkan.

Dalam pernyataan dari Moskow, RDIF menyatakan bahwa tujuan dari perjanjian kerja sama itu adalah 'mengatur produksi vaksin Sputnik V dan distribusinya di Brasil dan negara-negara Amerika Latin lainnya'.

Otoritas Rusia diketahui membanggakan vaksin Sputnik V sebagai vaksin Corona pertama di dunia yang terdaftar secara resmi. Meskipun para pakar meragukan keamanan vaksin buatan Rusia yang akan dilepas ke publik, sementara perusahaan farmasi lainnya masih melakukan uji coba massal.

Pakar kesehatan Brasil dan mantan pejabat regulasi senior mengungkapkan kekhawatiran mereka soal keamanan vaksin buatan Rusia, yang diketahui belum lolos uji coba massal yang wajib dilakukan sebelum vaksin diproduksi dan dilepas ke masyarakat.

Dalam konferensi pers, Direktur Tecpar, Jorge Callado, menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu Rusia mengirimkan hasil uji coba vaksin fase 1 dan fase 2. Dia juga menekankan pihak Tecpar memahami bahwa Rusia masih melakukan uji coba fase 3.

Ditambahkan Callado bahwa Tecpar kemungkinan akan berpartisipasi dalam uji coba fase 3, jika mendapat izin dari Anvisa.

Sementara itu, Duta Besar Rusia, Sergey Akopov, berbicara dari Brasilisia saat videoconference penandatanganan MoU, menyatakan bahwa tujuan dari kemitraan dengan negara bagian Parana adalah untuk 'saling membantu dalam mengembangkan, menguji coba dan pada akhirnya memproduksi vaksin'.

Brasil diketahui terlibat dalam uji coba sejumlah kandidat vaksin Corona buatan negara lain. Kementerian Kesehatan Brasil, pada Rabu (12/8) waktu setempat, menyatakan bahwa pihaknya mungkin akan membeli lebih dari 100 juta dosis vaksin yang sudah direncanakan dari AstraZeneca.

Pengumuman itu disampaikan setelah otoritas Brasil mengizinkan pengujian dosis kuat vaksin, yang jika sukses dilakukan akan membutuhkan dua kali lipat dosis untuk jumlah orang yang sama.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments