Langka, Penampakan Bagian Dalam Laboratorium Virus Wuhan

By Angelice Onggi - Sabtu, Juli 11, 2020

Bagian dalam Wuhan Instititure of Virology.

AGEN SBOBETWuhan - Wuhan Institute of Virology masih jadi bahasan karena isu virus Corona bocor atau dibuat dari sana didengungkan beberapa pihak. Bantahan pun terus mengalir dari para petingginya dan kini untuk membuktikan keamanannya, laboratorium yang terkenal tertutup itu membuka pintunya.

Siaran yang tayang belum lama ini dari televisi pemerintah China, CCTV, dipercaya adalah satu-satunya yang merekam bagian dalam laboratorium P4 di institut tersebut. P4 adalah lab dengan level keamanan tinggi untuk meneliti virus-virus mematikan.

Namun demikian, memang tidak banyak yang ditunjukkan. Terlihat sekilas suasana di bagian dalam, tapi dibatasi oleh kaca tebal. Protokol keamanan tidak memungkinkan rekaman lebih dekat.

Yuan Zhiming selaku direktur laboratorium tersebut mengklaim dalam video betapa aman Wuhan Institute of Virology dan tidak ada kebocoran virus apapun dari sana. Namun demikian, ia maklum jika lab tersebut ikut terseret.


"Wabah dan pandemi yang disebabkan penyakit menular apapun akan menjadi fokus perhatian publik," katanya.

"Karena ketakutan dan rasa tak berdaya serta kurang informasi, beberapa orang secara alamiah menghubungkan wilayah wabah dengan lab terdekat. Saat mereka belajar lebih banyak tentang situasinya dan laboratoriumnya, rumor itu perlahan akan hilang," yakinnya.

Dia juga membantah Wuhan Institute of Virology sangat tertutup melainkan terbuka dan transparan. Bahkan Yuan ingin lebih banyak ilmuwan internasional datang ke sana. Oh ya, berikut videonya:

  • Share:

You Might Also Like

0 comments