Dituding Telah "Dibeli" China, Pimpinan WHO Kecam Menlu AS

By Angelice Onggi - Minggu, Juli 26, 2020

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

AGEN SBOBETJenewa - Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Kamis (23/7/2020) mengecam komentar Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo yang menuduhnya telah “dibeli” oleh China. Menanggapi tudingan itu, dia memperingatkan kembali agar tidak ada “politisasi” pandemi virus corona.

Dalam pertemuan tertutup dengan anggota parlemen Inggris di London awal pekan ini, Pompeo dilaporkan mengatakan bahwa dia memiliki informasi intelijen yang mengindikasikan bahwa Tedros telah “dibeli” oleh Pemerintah China. Times of London melaporkan bahwa Pompeo menyebut pemilihan Tedros sebagai Dirjen WHO pada 2017 telah menyebabkan kematian warga Inggris.

Berbicara dalam jumpa pers WHO tentang Covid-19 pada Kamis, Tedros mengatakan komentar itu “tidak benar dan tidak dapat diterima dan tanpa dasar apa pun.” Dia mengatakan salah satu ancaman terbesar “yang kita hadapi adalah politisasi pandemi,” demikian diwartakan VOA.

Tedros menambahkan bahwa fokus tunggal dari seluruh organisasi WHO adalah menyelamatkan nyawa, dan upaya itu tidak akan terganggu oleh komentar tersebut. Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Dia juga menekankan pentingnya tanggung jawab individu dalam upaya global untuk menghentikan penyebaran virus, menunjuk pada serangkaian wabah baru yang terkait dengan klub malam dan pertemuan sosial.

"Kami meminta semua orang untuk memperlakukan keputusan tentang ke mana mereka pergi, apa yang mereka lakukan dan dengan siapa mereka bertemu sebagai keputusan hidup dan mati," katanya sebagaimana dilansir Al Jazeera.

"Mungkin itu bukan nyawa Anda, tetapi pilihan Anda bisa menjadi perbedaan antara hidup dan mati untuk seseorang yang kamu cintai, atau untuk orang asing," tambahnya. "Jangan berharap orang lain membuatmu aman. Kita semua memiliki peran untuk melindungi diri kita sendiri dan satu sama lain."

Pompeo, yang berada di Denmark Kamis pagi, tidak ditanya tentang komentar tersebut ketika dia berbicara kepada para wartawan.

Pemerintahan Presiden Donald Trump telah berulang kali mengkritik WHO karena dinilai “segan” menyalahkan China atas terhadap pandemi virus corona. Trump telah memerintahkan AS untuk menarik diri dari badan kesehatan PBB itu mulai tahun depan.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments