Mirip Penahanan Floyd, Polisi Florida Terekam Tindih Leher Pria Kulit Hitam dengan Lutut

By Angelice Onggi - Jumat, Juni 05, 2020

Insiden penangkapan pada 18 Mei 2020 itu terekam dalam kamera.

AGEN SBOBETSarasota - Departemen kepolisian Florida telah meluncurkan penyelidikan internal setelah sebuah video muncul di media sosial menunjukkan seorang petugas kepolisian di Sarasota berlutut di leher seorang pria selama penangkapan.

Dalam video ponsel berdurasi hampir sembilan puluh detik yang diambil oleh saksi mata selama insiden 18 Mei itu, tiga petugas polisi terlihat berusaha membawa seorang pria ke tahanan. Salah satu dari dua petugas itu kemudian terlihat berlutut di kepala dan leher pria itu.

Pria yang ditangkap dengan tuduhan kekerasan dalam rumah tangga itu terdengar berteriak "mengapa saya ditangkap?" saat petugas berlutut di atasnya.

"Ketika saya berteriak, dan bertanya, mengapa saya ditahan, dia mulai meletakkan lututnya di leher saya," kata Patrick Carroll.

Video itu muncul di saat Amerika Serikat (AS) tengah dilanda protes menuntut keadilan dan reformasi setelah kematian George Floyd, yang menurut hasil otopsi, tewas dikarenakan lehernya ditekan dengan lutut seorang anggota polisi dalam penangkapan. Video yang viral menunjukkan petugas polisi menekan leher Floyd dengan lututnya selama hampir sembilan menit.

Salah satu petugas yang terlibat mengatakan bahwa setelah mereka memborgol Carroll, dia berusaha melepaskan diri dan menolak untuk masuk ke bagian belakang kendaraan patroli. Tindakan pemaksaan ringan digunakan untuk membuat Carroll tunduk ke tanah dan mengamankannya cukup lama untuk membuatnya tenang.

Departemen Kepolisian Sarasota (SPD) mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis Selasa (2/6/2020) bahwa mereka tidak mengetahui tentang video tersebut sampai Senin (1/6/2020) ketika departemen tersebut ditandai di sebuah pos media sosial yang menunjukkan sebagian dari penangkapan tersebut.

Setelah meninjau beberapa video, Kepala Polisi Bernadette DiPino segera memulai penyelidikan urusan internal formal.

Petugas yang terlibat, yang sejauh ini belum diidentifikasi, telah ditempatkan pada cuti administratif. SPD tidak membahas apakah dua petugas lainnya yang berada di tempat kejadian, dan ditampilkan dalam video, akan menghadapi tindakan disipliner.

SPD juga merilis video yang belum diedit yang diambil dari helikopter Kantor Sheriff Kabupaten Sarasota pada hari penangkapan. Video berdurasi 13 menit itu menghadirkan pandangan mata para perwira yang menanggapi adegan itu dan menahan pria itu.


"Kepala Polisi DiPino terganggu melihat seorang perwira berlutut di kepala dan leher seorang individu dalam video itu. Meskipun tampaknya petugas itu akhirnya menggerakkan kakinya ke punggung individu itu, taktik ini tidak diajarkan, digunakan atau dianjurkan oleh agen kami," demikian isi pernyataan yang dirilis oleh SPD.

Menurut keterangan polisi, Carroll, yang berkulit hitam, tidak mencari pertolongan medis atau secara resmi mengeluh tentang luka-lukanya selama insiden 18 Mei.

Polisi juga menyatakan dalam laporan insiden bahwa Carroll melawan saat penangkapan.

Namun, selama wawancara dengan afiliasi CNN WFTS, Carroll mengatakan dia tidak menolak. Dia mengatakan dia berusaha untuk bergerak sehingga dia bisa memiliki "sirkulasi di tubuh dan tenggorokannya."

  • Share:

You Might Also Like

0 comments