Dua Puluh Tentara India Tewas dalam Bentrokan dengan China, Ini Kata PM Modi

By Angelice Onggi - Kamis, Juni 18, 2020

Serdadu India dan China

AGEN SBOBETNew Delhi - Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi menegaskan bahwa kematian puluhan tentara India dalam bentrokan dengan pasukan China, tidak akan sia-sia. Ini merupakan pertama kalinya PM Modi angkat bicara mengenai bentrokan militer yang menewaskan 20 tentara India tersebut.

"India menginginkan perdamaian tetapi ketika diprovokasi, India mampu memberikan balasan yang sesuai, baik itu situasi apa pun," ujar Modi dalam pidatonya yang disiarkan televisi nasional.

"Negara akan bangga bahwa tentara kita gugur melawan tentara China," imbuhnya.

Modi mengatakan dia ingin "meyakinkan bangsa" bahwa kematian para tentara tersebut "tidak akan sia-sia". "Bagi kita, persatuan dan kedaulatan negara adalah yang paling penting," kata pemimpin India itu.

Pada Senin (15/6), sebanyak 20 tentara India tewas dalam sebuah bentrokan dengan militer China di Ladakh, wilayah Kashmir yang menjadi sengketa, di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

Militer India semula mengatakan tiga tentaranya tewas dalam bentrokan tersebut. Namun, para perwira India belakangan menyebut sejumlah serdadu yang cedera telah meninggal akibat luka-luka yang mereka derita.

Kementerian urusan eksternal India menuding China melanggar kesepakatan yang ditetapkan pekan sebelumnya untuk saling menghormati Garis Kendali Aktual (LAC) di Lembah Galwan.

Kematian tentara India itu diyakini sebagai korban tewas pertama dalam konfrontasi kedua negara selama beberapa dekade terakhir. China dan India pernah bertempur satu kali, pada 1962. Kala itu, India mengalami kekalahan telak.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments