Dua Juta Kasus Corona di AS Jauh di Atas Negara Lainnya

By Angelice Onggi - Jumat, Juni 12, 2020

Corona di AS menembus angka 2 juta kasus

AGEN SBOBETNew York - Amerika Serikat (AS) kini memiliki angka kasus Corona (COVID-19) mencapai 2 juta kasus. Angka ini adalah yang tertinggi di dunia dan di jauh di atas negara lain.

Jumlah korban meninggal akibat virus Corona di negara Paman Sam ini bahkan melebihi 112 ribu orang.

Analisis Reuters menyatakan bahwa secara nasional, tambahan kasus di AS sedikit mengalami kenaikan setelah lima pekan mengalami penurunan. Sebagian besar kenaikan dipicu oleh jumlah tes Corona yang diperbanyak, yang sempat mencetak rekor pada 5 Juni lalu dengan 545.690 tes dalam sehari.

Kenaikan kasus dalam beberapa waktu terakhir merupakan dampak dari banyaknya orang yang melakukan pergerakan dan kembali menjalankan bisnis serta melakukan aktivitas-aktivitas hiburan, seiring dibukanya kembali perekonomian di 50 negara bagian.

Unjuk rasa besar-besaran untuk memprotes kebrutalan polisi dan rasialisme sistemis, yang dipicu kematian seorang pria kulit hitam bernama George Floyd, dikhawatirkan memicu kenaikan kasus dalam beberapa pekan ke depan. Otoritas kesehatan AS menyerukan agar siapa saja yang ikut unjuk rasa itu untuk segera menjalani tes Corona.

Para pejabat kesehatan AS meyakini bahwa kasus Corona pertama di AS muncul pada Januari dan pada 28 April, AS telah mencatatkan 1 juta kasus. Sejauh ini, sepanjang Juni, rata-rata ada 21 ribu kasus per hari. Angka itu menurun jika dibandingkan bulan April, saat tercatat ada rata-rata 30 ribu kasus per hari dan bulan Mei dengan 23 ribu kasus per hari.

Penghitungan Reuters mencatat lebih dari 2 juta kasus tercatat di berbagai wilayah AS, dengan kematian melebihi 112 ribu orang.

Sementara data penghitungan Johns Hopkins University (JHU) mencatat total 2.000.464 kasus virus Corona terkonfirmasi di AS, dengan total kematian mencapai 112.924 orang.

Baik untuk total kasus dan total kematian, AS mencetak rekor sebagai negara dengan total kasus dan total kematian akibat Corona terbanyak di dunia.

Sedangkan angka kasus ini jauh sekali dengan jumlah kasus Corona di negara lain. Seperti data yang dihimpun Worldometers, per Kamis (11/6) Brasil yang berada di peringkat dua mencatat 775.581 kasus. Sedangkan di peringkat tiga, ada Rusia dengan 502.436 kasus.

Kemudian, di posisi keempat ada Inggris dengan total 291.409 kasus. Lalu India sebanyak 289.936 kasus.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments