Trump Tawarkan Mediasi untuk Tengahi Pertikaian Perbatasan India-China

By Angelice Onggi - Kamis, Mei 28, 2020

Donald Trump

AGEN SBOBETPresiden AS Donald Trump menawarkan bantuan mediasi untuk menengahi masalah yang disebutnya pertikaian perbatasan antara India dan China di Himalaya.

Tawaran Trump datang setelah sumber-sumber pertahanan India mengatakan ratusan tentara China telah pindah ke zona yang disengketakan di sepanjang perbatasan sepanjang 3.500 kilometer (2.200 mil) mereka.

Dua minggu yang lalu beberapa pasukan India dan China terluka dalam perkelahian dan melempar batu di sektor lain. Namun, tidak ada kekerasan yang dilaporkan sejak itu.

Sambil saling menyalahkan satu sama lain atas terjadinya flare-up, dua negara paling padat di dunia telah menekankan perlunya menegosiasikan penyelesaian sengketa terbaru di sepanjang perbatasan berliku mereka.

Trump, yang telah menjalin hubungan dekat dengan India dalam beberapa tahun terakhir sementara juga terlibat dalam pertikaian perdagangan yang tegang dengan China, mengajukan tawaran untuk mediasi menengahi masalah tersebut. Tawaran itu disampaikan Trump di akun twitternya.

"Kami telah memberi tahu India dan China bahwa Amerika Serikat siap, mau, dan mampu menengahi perselisihan perbatasan mereka yang sekarang berkecamuk. Terima kasih!" tulis Trump.

Tahun lalu Trump pernah menawarkan mediasi untuk menengahi antara India dan Pakistan atas perselisihan Kashmir mereka, tetapi hal itu benar-benar ditolak oleh India.

Alice Wells, pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS untuk Asia Selatan, mengatakan pekan lalu bahwa China berusaha untuk mengganggu keseimbangan regional dan harus "dilawan".

India dan Cina berperang di negara bagian timur laut India Arunachal Pradesh pada tahun 1962. Cina masih mengklaim sekitar 90.000 kilometer persegi (35.000 mil persegi) wilayah di bawah kendali New Delhi.

Sementara tidak ada tembakan yang dilayangkan selama lebih dari empat dekade, padahal ada banyak pertarungan. Pada 2017 ada pertikaian 72 hari setelah pasukan China pindah ke dataran tinggi Doklam yang disengketakan di perbatasan Cina-India-Bhutan.

Pukulan dan batu dilemparkan bulan ini di Naku La di negara bagian Sikkim India, yang berbatasan dengan Bhutan, Nepal dan Cina, sebelum "dialog dan interaksi" menenangkan emosi.

Fokus sejak itu telah pindah ke wilayah Ladakh India di seberang perbatasan dari Tibet. Sumber-sumber pertahanan India mengatakan pasukan Cina telah pindah ke wilayah India di empat titik.

Sumber itu mengatakan ratusan tentara dan kendaraan China telah mengambil alih sisi India dari lembah Galwan, salah satu dari empat lokasi yang disengketakan.

Pengamat diplomatik dan militer mengatakan kedua belah pihak tampaknya menggali untuk menghadapi lama lagi.

Menteri luar negeri saingan mereka telah membantah kesalahan tetapi menyerukan saluran negosiasi yang mapan untuk digunakan.

Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden China Xi Jinping telah berusaha untuk meredakan ketegangan di KTT selama dua tahun terakhir ketika mereka sepakat untuk meningkatkan komunikasi perbatasan antara militer mereka.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments