Trump Bela Keputusannya Minum Obat Malaria untuk Tangkal Virus Corona

By Angelice Onggi - Kamis, Mei 21, 2020

Donald Trump

AGEN SBOBETWashington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membela penggunaan obat malaria untuk menangkal virus Corona (COVID-19), meskipun ada peringatan medis. Trump menyatakan bahwa penggunaan obat itu tergantung pada setiap individu untuk mengambil keputusan masing-masing.

Obat malaria yang bernama hydroxychloroquine diketahui belum terbukti efektif untuk pengobatan virus Corona. Namun Trump menuturkan kepada wartawan setempat di Gedung Capitol AS, bahwa hydroxychloroquine 'memberikan Anda level keamanan tambahan'.

"Orang-orang harus mengambil keputusan sendiri," ucap Trump.

Otoritas Makanan dan Obat AS (FDA) telah memperingatkan soal potensi efek samping serius dari penggunaan obat malaria pada pasien positif virus Corona.

Wakil Presiden AS, Mike Pence, menuturkan kepada Fox News Channel bahwa dirinya tidak menggunakan obat malaria. Wawancara ini dilakukan setelah juru bicara Pence, Katie Miller, dinyatakan positif virus Corona.

"Saya tidak (menggunakannya), tapi saya tidak akan pernah menyesali setiap warga Amerika yang mematuhi saran dokter mereka," ucap Pence dalam wawancara itu. Dia menekankan bahwa FDA menyetujui penggunaan obat itu jika diresepkan oleh dokter.

"Dokter saya tidak merekomendasikannya tapi saya tidak ragu-ragu mematuhi saran dokter saya. Setiap warga Amerika harus melakukan demikian," imbuhnya.

Beberapa pekan lalu, Trump mempromosikan hydroxychloroquine sebagai obat potensial berdasarkan laporan positif soal penggunaannya untuk melawan virus Corona. Namun kajian-kajian terbaru menemukan bahwa obat itu tidak membantu dalam kesembuhan pasien virus Corona.

Dokter Gedung Putih, Sean Conley, dalam memo yang dirilis pada Senin (18/5) malam waktu setempat menyatakan bahwa dirinya dan Trump telah berdiskusi soal bukti positif dan negatif dari obat itu dan sepakat bahwa 'manfaat potensial dari obat itu melebihi risiko terkait'.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments