Tak Harmonis dengan Presiden, Menteri Kesehatan Brasil Mengundurkan Diri

By Angelice Onggi - Sabtu, Mei 16, 2020


AGEN SBOBETMenteri Kesehatan Brasil Nelson Teich mengundurkan diri setelah kurang lebih sebulan bekerja. Teich dilaporkan mengundurkan diri karena merasa tak sesuai dengan pendekatan Presiden Brasil Jair Bolsonaro dalam memerangi virus Corona (COVID-19) yang meningkat di negara itu.

Teich adalah seorang ahli onkologi berusia 62 tahun, bergabung dengan kabinet Bolsonaro pada 17 April, sehari setelah Bolsonaro memecat pendahulu Teich, Luiz Henrique Mandetta.

Mandetta juga berselisih dengan Bolsonaro. Waktu itu, Bolsonaro mengkritik kebijakan Mandetta yang menganjurkan warga tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran Corona.

Teich lalu mengambil alih jabatan menteri kesehatan, tetapi keretakan segera muncul. Menurut seorang sumber kementerian kepada AFP, yang tidak bersedia disebutkan namanya, mengatakan Teich dan Bolsonaro "tidak serasi pada tindakan tertentu,".

Teich terkejut minggu lalu, ketika Bolsonaro mengeluarkan keputusan tanpa berkonsultasi dengannya yang menyatakan salon kecantikan dan pusat kebugaran "layanan esensial" dibebaskan dari penutupan bisnis.

Kerja yang tak cocok terakhir, Teich dilaporkan berselisih dengan Bolsonaro atas penggunaan obat chloroquine untuk mengobati pasien Corona. Bolsonaro berpendapat obat itu sebagai pengobatan yang menjanjikan. Sementara menurut penelitian meragukan efektivitasnya dan meningkatkan kekhawatiran tentang keamanannya.

Kementerian Kesehatan Brasil mengumumkan pengunduran diri Teich dalam sebuah pernyataan singkat, kementerian mengatakan bahwa Teich akan mengadakan konferensi pers nanti.

Kabar mundurnya Teich menuai protes anti-Bolsonaro di berbagai kota. Warga menggedor panci dan wajan keluar dari jendela mereka, berteriak, "Keluar, Bolsonaro!".

  • Share:

You Might Also Like

0 comments