Presiden Moon Jae Ingatkan Adanya Gelombang Kedua Setelah Kasus Corona Pulih

By Angelice Onggi - Senin, Mei 11, 2020


AGEN SBOBETKorea Selatan mengingatkan adanya gelombang kedua coronavirus baru pada hari Minggu ketika infeksi melambung ke level tertinggi dalam satu bulan, tepat ketika pihak berwenang mulai meredakan beberapa pembatasan pandemi.

"Ini belum berakhir sampai selesai," Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, seperti dilansir reuters, Senin (11/5/2020).

Moon Jae-in mengatakan sebuah cluster baru menunjukkan virus dapat menyebar secara luas kapan saja, dan memperingatkan gelombang kedua akhir tahun ini.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) melaporkan 34 infeksi baru, tertinggi sejak 9 April, setelah wabah kecil muncul di sekitar klub malam, mendorong pemerintah untuk sementara waktu menutup semua fasilitas hiburan malam di sekitar ibukota.

Menteri Kesehatan Park Neung-hoo mengatakan pemerintah akan memutuskan apakah akan membuka kembali sekolah secara bertahap mulai 13 Mei seperti yang direncanakan setelah memeriksa dampak kasus klub malam selama dua hingga tiga hari.

Memerangi wabah virus corona besar pertama di luar China, Korea Selatan membawa infeksi virus, dan penyakit COVID-19 yang disebabkannya, turun secara drastis melalui pengujian luas, pelacakan kontak yang agresif dan aplikasi pelacakan. Tanggapan tersebut telah membantu ekonomi terbesar keempat di Asia itu untuk menangani pandemi tanpa melakukan penguncian yang ekstensif di tempat lain.

Penghitungan harian infeksi baru telah melayang sekitar 10 atau kurang dalam beberapa minggu terakhir, dengan tidak ada atau sangat sedikit kasus rumah tangga selama 10 hari terakhir.

Wabah baru datang tepat ketika pemerintah melonggarkan beberapa pembatasan jarak sosial dan bergerak untuk membuka kembali sekolah dan bisnis sepenuhnya, dalam transisi dari jarak sosial intensif ke "menjauhkan dalam kehidupan sehari-hari."

"Kita tidak boleh menurunkan kewaspadaan kita tentang pencegahan epidemi. Kita berada dalam perang yang berkepanjangan. Saya meminta semua orang untuk mematuhi tindakan pencegahan dan peraturan keselamatan sampai situasinya selesai bahkan setelah melanjutkan kehidupan sehari-hari," kata Moon.

Dia mengatakan KCDC akan mendapatkan kekuatan yang lebih besar sebagai bagian dari perjuangan jangka panjang dan dinamai Administrasi Pengendalian Penyakit dan Pencegahan untuk mencerminkan posisi yang ditingkatkan.

Kebangkitan didorong oleh wabah yang berpusat di sekitar beberapa klub malam Seoul, yang dikunjungi oleh seorang pria berusia akhir 20-an sebelum diuji positif minggu lalu.

Setidaknya 24 dari 26 infeksi baru yang ditularkan di dalam negeri ditelusuri ke orang itu, menjadikan infeksi yang terkait dengan kasus tersebut menjadi 54, kata KCDC.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments