Pertama Kali, Rusia Umumkan 101 Tenaga Medis Meninggal Akibat Corona

By Angelice Onggi - Kamis, Mei 28, 2020

Ilustrasi Tenaga medis di Rusia

AGEN SBOBETMoskow - Otoritas Rusia mengumumkan bahwa sedikitnya 101 tenaga medis meninggal dunia akibat virus Corona (COVID-19). Ini merupakan pertama kalinya otoritas Rusia merilis secara resmi data semacam ini.

"Jumat (22/5) lalu, 101 orang ada di dalam daftar yang dikonfirmasi," ucap pejabat senior pada Kementerian Kesehatan Rusia, Lyudmila Letnikova.

Hal tersebut disampaikan Letnikova kepada anggota Komisi Kesehatan Parlemen Rusia. Disebutkan bahwa pihak kementerian selama ini mencatat jumlah dan memiliki daftar tenaga medis yang meninggal akibat virus Corona, namun ini menjadi momen pertama kalinya daftar itu diungkap ke publik.

Letnikova menyatakan bahwa pihak kementerian telah meminta otoritas daerah untuk memberikan jumlah kematian di kalangan tenaga medis akibat virus Corona.

Namun diketahui bahwa angka resmi yang dirilis otoritas Rusia itu lebih rendah dibandingkan angka yang beredar secara online, yang disebut-sebut disusun oleh para dokter setempat. Daftar yang didapat dari para kolega dokter itu menyebut ada 293 tenaga medis di Rusia yang meninggal akibat virus Corona.

Daftar yang disebut sebagai 'Remembrance List' itu dirilis secara online pada April lalu. Penyusun daftar itu menyebut tujuan mereka adalah memberikan informasi kredibel mengenai kematian tenaga medis akibat virus Corona di Rusia. Daftar ini dirilis online karena pemerintah Rusia dikhawatirkan tidak akan pernah merilisnya.

Saat daftar ini muncul secara online, pihak Kementerian Kesehatan Rusia tidak memberikan komentar apapun.

Namun situs berita independen, Mediazona, melaporkan pada awal bulan ini bahwa daftar online itu juga memasukkan sejumlah tenaga medis yang tidak bertugas saat kemudian meninggal akibat virus Corona dan tenaga medis yang bekerja di negara bekas Soviet lainnya. Mediazona mengonfirmasi ada 186 kematian tenaga medis yang berkaitan dengan virus Corona saat tenaga medis itu bertugas.

Sejauh ini, otoritas Rusia melaporkan total 362.342 kasus virus Corona, dengan 3.807 kematian.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments