Liga Skotlandia Resmi Disetop Karena Corona, Celtic Jadi Juara

By Angelice Onggi - Selasa, Mei 19, 2020


AGEN SBOBET, Liga Skotlandia resmi dihentikan karena pandemi virus Corona. Celtic FC selaku pemuncak klasemen sementara pun resmi dinobatkan sebagai juara.

Diberitakan Sky Sports, keputusan ini diambil usai operator kompetisi, Scottish Professional Football League (SPFL), mengadakan rapat pada Senin (18/5/2020) pagi waktu setempat.

Keputusannya, liga tak akan dilanjutkan, dan tim yang menjadi juara dan terdegradasi ditentukan dari rataan poin per laga yang sudah dijalani hingga 13 Maret, saat liga berhenti bergulir.

Dengan aturan tersebut, Celtic yang memiliki 80 poin hingga pekan ke-30 memiliki rataan poin sebanyak 2,67 dan berhak menjadi juara. Rival sekota mereka, Rangers FC, duduk di peringkat kedua dengan rataan poin sebesar 2,31.

Sedangkan Heart of Midlothian yang menempati posisi buncit dipastikan terdegradasi karena hanya memiliki rataan poin sebesar 0,77.

"Pertama, saya ingin mengucapkan selamat kepada Celtic yang berhasil menjadi juara liga dan saya bersimpati kepada Hearts yang harus terdegradasi," ujar Chairman SPFL, Murdoch MacLennan.

"Kita semua tentu ingin melihat kompetisi diselesaikan di lapangan, di stadion dan di depan para suporter. Ini bukanlah cara yang kita semua inginkan, tapi mengingat kondisi saat ini yang belum pernah terjadi sebelumnya, anggota dewan sepakat bahwa inilah jalan satu-satunya yang harus diambil."

"COVID-19 telah mengacaukan agenda olahraga di seluruh dunia dan dampaknya akan panjang. Pembatasan dari pemerintah Skotlandia serta masalah keselamatan pemain dan suporter membuat SPFL tak punya pilihan untuk menyetop kompetisi. Kami berterima kasih kepada klub-klub yang telah mendukung keputusan ini," jelas MacLennan.

Tak cuma Scottish Premiership, namun tiga divisi di bawahnya pun juga sudah dihentikan karena virus Corona. Dengan demikian, Skotlandia mengikuti jejak Liga Belgia, Belanda, dan Prancis yang sudah dihentikan lebih dulu.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments