Biden Sebut Trump Bodoh karena Tak Pakai Masker Saat Pandemi Corona

By Angelice Onggi - Kamis, Mei 28, 2020

Joe Biden

AGEN SBOBETWashington DC - Kandidat calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, menegur Presiden AS Donald Trump karena tidak memakai masker saat menghadiri serangkaian acara publik. Biden menyebut Trump 'bodoh sekali' dan menyatakan kepemimpinannya telah 'mengorbankan nyawa rakyat'.

Biden yang berpotensi menjadi rival utama Trump dalam pemilihan presiden (pilpres) November mendatang, melontarkan komentar ini setelah Trump me-retweet postingan yang dianggap menghina Biden yang memakai masker saat menghadiri acara Memorial Day beberapa waktu lalu.

Postingan yang di-retweet Trump itu disertai komentar yang berbunyi: "Ini mungkin membantu menjelaskan mengapa Trump tidak suka memakai masker di depan umum."

Diketahui bahwa Trump bersikeras tak memakai masker saat menghadiri serangkaian acara publik, seperti kunjungan ke pabrik dan saat Memorial Day, yang merupakan hari libur federal di AS untuk menghormati dan berkabung bagi tentara AS yang gugur saat mengabdi pada Angkatan Bersenjata AS.

"Dia (Trump-red) bodoh, bodoh sekali untuk bicara seperti itu. Setiap dokter terkemuka di dunia mengatakan Anda harus memakai masker di kerumunan," ucap Biden dalam wawancara dengan CNN.

Biden menuduh Trump mengobarkan budaya oposisi terhadap anjuran pemakaian masker saat pandemi Corona. Lebih lanjut, Biden menyebut perilaku Trump sebagai tindakan maskulin palsu yang telah mengorbankan nyawa rakyat.

"Hal-hal macho ini, untuk seorang pria -- saya tidak ingin membahasnya, tapi itu hanya mengorbankan nyawa rakyat. Itu mengorbankan nyawa rakyat," ujar Biden. Menurut Biden, sikap Trump di tengah situasi pandemi Corona bisa 'memicu kematian'.

"Presiden seharusnya memimpin, tidak terlibat dalam kebodohan dan maskulin palsu," cetusnya.

Sebelumnya Trump mengomentari foto Biden memakai masker, dengan menyebutnya 'sangat tidak biasa' bagi Biden memakai masker saat menghadiri acara outdoor saat cuaca sedang baik.

Juru bicara Gedung Putih, Kayleigh McEnany, menyatakan Trump tidak menghina siapapun.

"Presiden sangat senang melihat Joe (Biden) keluar dari basement. Agak aneh bahwa, di basement, di sebelah istrinya, dia tidak memakai masker, tapi dia memakai masker saat di luar ruangan saat dia sedang menjaga jarak secara sosial. Jadi saya rasa ada perbedaan di sana," ucap McEnany, merujuk pada Biden yang tetap di rumah selama pandemi dan baru keluar saat menghadiri Memorial Day pada Senin (25/5) waktu setempat.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments