AS Catatkan 1,5 Juta Kasus Virus Corona, Trump: Itu Kehormatan

By Angelice Onggi - Jumat, Mei 22, 2020

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat kampanye pemilu di Lincoln Memorial, Washington DC, yang disiarkan langsung oleh Fox News pada Minggu (3/5/2020).

AGEN SBOBETWashington DC - Presiden AS Donald Trump menyebut adalah "kehormatan" bagi negaranya setelah mencatat 1,5 juta kasus virus corona.

Negara itu melaporkan lebih dari 92.000 kematian karena wabah. Meski begitu, presiden 73 tahun itu menyebut bahwa dia harus tetap bangga.

"Omong-omong, ketika kalian mengatakan kami unggul (dalam kasus infeksi virus corona), itu karena kami menggelar tes lebih banyak," klaim Trump di Gedung Putih.

Dia mengaku, ketika AS menjadi episentrum wabah di dunia, dia melihat hal itu bukanlah sesuatu yang memalukan. Melainkan bukti tes mereka bekerja dengan baik.

"Jadi saya melihatnya sebagai kehormatan. Ya, sebuah kehormatan," jelas presiden dari Partai Republik itu.

Dia menuturkan, jumlah itu merupakan bukti bahwa mereka sukses melakukan tes, dan memberikan kredit kepada setiap orang yang terlibat.

Trump juga membela diri dari kritikan pakar medis, ketika pada Senin (18/5/2020), dia mengaku meminum obat malaria untuk mencegah Covid-19.

Pengakuan bahwa dia mengonsumsi hidroksiklorokuin tak pelak membuat para pembantunya kaget, dan beramai-ramai membenarkan keterangan sang presiden.

Namun dari sisi medis, ucapan itu membuat pakar melayangkan kecaman. Sebab, ucapannya dinilai bisa memantik penyalahgunaan hidroksiklorokuin yang justru berakibat fatal.

Menyikapi kritikan itu, taipan real estate itu hanya menerangkan bahwa studi yang mengkhawatirkan penggunaan obat itu "salah" dan "memalukan".

"Jika kalian melihat pada salah satu survey, di mana surveynya buruk, mereka biasanya memberikan obat itu pada orang yang kondisinya buruk," jelasnya.

Ucapannya merujuk kepada studi yang dilakukan terhadap ratusan pasien yang dirawat oleh Departemen Hubungan Veteran AS.

Saat itu, sebagian besar penderita Covid-19 yang mendapatkan obat malaria meninggal dibandingkan yang tidak. Bagi Trump, itu sudah jadi bukti kuat.

"Mereka sudah sangat tua. Hampir. Jadi mereka meninggal. Survey negatif itu hanya dibuat oleh mereka yang memusuhi Trump," jelasnya.

Padahal, pejabatnya sendiri sudah mewanti-wanti bahwa penggunaan hidroksiklorokuin haruslah digunakan untuk keperluan penelitian atau di rumah sakit.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments