Reaksi Keras China Atas Seruan Penyelidikan Respons Awal terhadap Corona

By Angelice Onggi - Rabu, April 22, 2020


AGEN SBOBETBeijing - Pemerintah Australia menyerukan penyelidikan atas respons global terhadap pandemi virus Corona, termasuk penanganan awal China atas wabah mematikan itu.
Pemerintah China pun bereaksi keras atas seruan Australia itu.

Diketahui bahwa Amerika Serikat dan sejumlah sekutunya telah menuduh China gagal merespons dengan cepat ancaman virus Corona di minggu-minggu awal setelah pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, pada Desember 2019 lalu.

Presiden AS Donald Trump bahkan telah memerintahkan penghentian dana untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setelah menuduh badan kesehatan PBB itu salah mengurus krisis ini dan menutup-nutupi keseriusan wabah di awal-awal.

Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang menyebut tuduhan-tuduhan itu tidak menghormati "upaya luar biasa dan pengorbanan rakyat China" dalam memerangi penularan virus Corona.

"Setiap keraguan tentang transparansi China dalam pencegahan dan pengendalian situasi epidemi, tidaklah sejalan dengan fakta," kata Geng dalam jumpa pers reguler seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (21/4/2020).

Dia menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne, yang menyatakan bahwa negaranya bersikeras untuk adanya penyelidikan atas respons Beijing dan WHO terhadap pandemi Corona.

Otoritas di Wuhan awalnya disebut-sebut mencoba untuk menutupi wabah Corona, dengan menghukum dokter-dokter yang menginformasikan kasus ini via online pada Desember 2019.

Berbagai pertanyaan juga muncul terkait pencatatan jumlah kasus COVID-19 oleh China, seiring terus berubahnya kriteria penghitungan di masa puncak wabah.

Para ilmuwan China juga telah menolak teori konspirasi yang diramaikan oleh pemerintah AS, bahwa virus Corona kemungkinan berasal dari laboratorium virologi di Wuhan.

Namun Trump belum lama ini mengatakan bahwa China bisa jadi "secara sadar bertanggung jawab" untuk menyebarkan infeksi Corona dan bisa menghadapi konsekuensi sebagai akibatnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments