Guangzhou Evergrande Bangun Proyek Stadion Terbesar Di Dunia

By Angelice Onggi - Sabtu, April 18, 2020

Stadion Megah Milik Guangzhou Evergrande

Guangzhou Evergrande Bangun Stadion Terbesar Di Dunia 

Guangzhou Evergrande Bangun Stadion Terbesar Di Dunia

Guangzhou Evergrande Mendirikan Stadion Terbesar di Dunia dengan biaya $ 1,7 Miliar dan memiliki Tiga hingga Lima Proyek Stadion Megah lainnya di Tiongkok

Guangzhou, China ~ Guangzhou Evergrande meluncurkan proyek pembangunan stadion terbesar di dunia yang akan menghabiskan dana $1,7 miliar atau sekitar Rp26 triliun, yang mulai dikerjakan pada Kamis (16/04/2020).

Stadion baru yang terletak di kota Guangzhou tersebut didesain dalam bentuk bunga lotus, akan memiliki 100.000 kursi dan diperkirakan akan selesai pada 2022, membuatnya lebih besar dari Camp Nou milik Barcelona.

Xia Haijun, presiden dari bisnis perumahan Evergrande sebagai perusahaan pemilik klub, mengatakan kepada reporter dalam acara peletakan batu pertama bahwa pembangunan stadion baru diharapkan akan mampu membawa sepakbola Tiongkok ke level yang lebih tinggi.

"Evergrande Stadium akan menjadi tengara kelas dunia baru yang sebanding dengan Gedung Opera di Sydney dan Burj Khalifa di Dubai, dan simbol penting sepakbola Tiongkok bagi dunia," ujarnya seperti dikutip ESPN.

Delapan desain, dari Inggris, Australia dan Amerika Serikat sempat diajukan kepada Evergrande sebelum memutuskan pemenangnya adalah desainer Amerika Serikat yang tinggal di Shanghai, Hasan Syed.

"Kami berharap stadion ini nantinya akan menjadi tuan rumah pembukaan Piala Asia 2023," lanjut Xia.

Selain berharap menjadi venue Piala Asia, stadion baru yang memiliki 168 kotak VIP dan 16 VVIP, juga berpeluang menggelar Piala Dunia Antarklub yang bakal mulai digelar di Tiongkok tahun depan, setelah turnamen tahun ini dibatalkan FIFA karena pandemi virus corona.

Xia juga menambahkan bahwa Evergrande, menyayangkan kurangnya fasilitas stadion kelas dunia di Tiongkok yang bisa menggelar turnamen internasional seperti Piala Dunia, dan berencana akan membangun tiga hingga lima stadion lagi dengan kapasitas 80.000-100.000 kursi di seluruh Tiongkok.

Guangzhou Evergrande sukses mendominasi sepakbola Tiongkok sejak diakuisisi oleh Evergrande pada 2010, menjuarai delapan Chinese Super League (CSL) dan juga dua titel Liga Champions Asia.

Saat ini mereka bermarkas di Tianhe Stadium yang dimiliki oleh pemerintah kota Guangzhou dengan kapasitan 58.500 kursi dan hanya mampu menarik rata-rata jumlah penonton di bawah 46.000 pada musim 2019 lalu.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments