Gagal Ke Liga Europa, FC Utrecht Ancam Gugat Keputusan Pembatalan Eredivisie Belanda Musim Ini

By Angelice Onggi - Minggu, April 26, 2020

Eredivisie Belanda Resmi Dihentikan

FC Utrecht Ancam Gugat Federasi Sepakbola Belanda (KNVB)

Eredivisie Belanda Resmi Dihentikan

FC Utrecht Mengancam akan Menggugat Federasi Sepakbola Belanda ( KNVB ) atas Keputusan Pembatalan Liga Eredivisie Belanda Musim Ini karena Gagal Lolos ke Liga Eropa yang harusnya masih Memiliki Kesempatan.

Utrecht, Belanda ~ FC Utrecht mengancam akan menempuh jalur hukum setelah mereka gagal meraih tiket menuju kompetisi Eropa musim depan akibat keputusan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) yang mengakhiri Eredivisie musim ini lebih awal.

Jumat (24/04/2020), kampanye kasta tertinggi Belanda itu - bersama dengan divisi dua, Eerste Divisie - resmi dinyatakan berakhir setelah perdana menteri Mark Rutte melarang adanya kegiatan sepakbola hingga 1 September karena Pandemi Virus Corona.

Selain mengumumkan peniadaan gelar juara, promosi dan degradasi musim ini, juga diputuskan bahwa berdasarkan peringkat terakhir di klasemen sebelum kompetisi dihentikan, maka Feyenoord, PSV dan Willem II mendapat tiket ke Liga Europa, sementara posisi dua teratas, Ajax dan AZ Alkmaar lolos ke Liga Champions.

Gugatan yang bakal diajukan oleh Utrecht berdasarkan pada peluang yang masih mereka miliki untuk bisa meraih tiket Liga Europa dengan memenangkan final Piala KNVB melawan Feyenoord. Namun, partai itu juga dipastikan tidak akan bisa dilaksanakan.

Sementara di klasemen 2019/20, FC Utrecht menempati posisi keenam, berjarak satu peringkat dari Willem II yang diatas mereka yang mendapat jatah terakhir ke Liga Europa. Karena itu, mereka menyatakan akan menentang keputusan yang sudah dibuat.

"FC Utrecht tidak menerima keputusan yang dipakai untuk menentukan kualifikasi menuju kompetisi Eropa," tulis klub melalui pernyataan resmi Situs FC Utrecht. "FC Utrecht tidak ragu untuk menentang keputusan yang tidak memberikan tempat [ke Eropa] kepada kami sebelum pengadilan olahraga dan UEFA."

"Setelah korespondensi tertulis hari ini, KNVB mengumumkan melalui panggilan konferensi bahwa jatah menuju Eropa dialokasikan kepada urutan 1 sampai 5 dalam klasemen Eredivisie saat ini."

"Tidak bisa diterima oleh FC Utrecht bahwa turnamen piala domestik, dengan partai final yang belum dimainkan, benar-benar diabaikan dan tidak diperhitungkan dalam pertimbangan untuk menentukan klub mana yang berhak atas tiket menuju Eropa dengan pencapaian aspek olahraga."

"Tiket penyisihan grup Liga Europa akan diberikan kepada Feyenoord tanpa penjelasan berdasarkan klasemen liga. FC Utrecht berhak atas tiket tersebut sebagai sesama finalis Piala KNVB (dan bahkan lebih berhak karena memenangkan piala lebih banyak ketimbang Feyenoord), yang tidak diperhitungkan dalam keputusan hari ini."

  • Share:

You Might Also Like

0 comments