Autopsi Ungkap Kematian Pertama karena Corona di AS Terjadi Lebih Awal

By Angelice Onggi - Jumat, April 24, 2020

Seorang demonstran di Los Angeles mendesak pemerintah menggerakkan kembali roda ekonomi.

AGEN SBOBETCalifornia - Hasil autopsi di Negara Bagian California mengungkap bahwa kematian pertama terkait virus corona di Amerika Serikat terjadi beberapa pekan lebih awal dari yang semula diperkirakan.

Kematian pertama terkait virus corona di AS sebelumnya diketahui terjadi di Kota Seattle pada 26 Februari, sedangkan di California pada 4 Maret.

Namun, informasi terkini dari kantor forensik di Santa Clara County mengubah jejak rekam tersebut.

Hasil rangkaian autopsi terhadap dua orang yang meninggal dunia pada 6 Februari dan 17 Februari mengungkap bahwa mereka tutup usia akibat Covid-19.

Berbagai sampel autopsi telah dikirim ke Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), yang mengonfirmasi keberadaan virus corona pada jasad kedua orang itu, sebut pernyataan kantor forensik Santa Clara County, Selasa (21/04).

Kematian individu ketiga di Santa Clara pada 6 Maret juga telah dikonfirmasi terkait Covid-19.

"Ketiga individu ini meninggal di rumah pada saat pengujian yang sangat terbatas hanya tersedia melalui CDC," sebut pernyataan kantor forensik.

Kala itu, kriteria pengujian di CDC dibatasi hanya untuk orang-orang yang telah bepergian ke kawasan terpapar virus corona dan yang menunjukkan gejala-gejala tertentu.

Kantor forensik menambahkan, "kami mengantisipasi kematian tambahan akibat Covid-19 yang diidentifikasi" selagi proses investigasi berlangsung.

Jumlah kasus positif virus corona di AS telah mencapai 839.675, dengan sedikitnya 46.000 kematian sebagaimana ditunjukkan data Johns Hopkins University.

Di California, pejabat kesehatan di Los Angeles mengonfirmasi tambahan 1.400 kasus positif corona atau peningkatan hampir 10% dari jumlah total. Di LA kini terdapat 15.153 kasus Covid-19.

Lonjakan mendadak itu disebabkan "keterlambatan pencatatan" dari hampir 1.200 kasus di sebuah laboratorium, menurut Direktur Kesehatan Masyarakat, Barbara Ferrer.

"Sepanjang akhir pekan kami menerima pencatatan hasil tes yang terlambat dari satu lab," ujarnya.

"Ini adalah keterlambatan pelaporan data yang luar biasa kepada Departemen Kesehatan Masyarakat dan kami bekerja keras untuk memastikan kejadian ini tidak terjadi lagi di masa mendatang."

  • Share:

You Might Also Like

0 comments