Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun, Positif Terjangkit Virus Corona

By Angelice Onggi - Minggu, April 05, 2020

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Gong Oh-kyun memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1).

AGEN SBOBET, Salah satu staf pelatih Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun, dinyatakan positif mengidap COVID-19. Kepastian itu muncul setelah Gong menjalani dua kali rapid test pada Jumat (3/4/2020) di Jakarta.

PSSI segera bertindak. Protokol keolahragaan dalam penanganan virus corona yang sudah dikeluarkan Kemenpora pada 17 Maret lalu segera dijalankan.

Dokter Timnas, Syarif Alwi, mengatakan bahwa saat ini Gong dalam kondisi baik-baik saja. Selain isolasi, pelatih asal Korea Selatan itu akan menjalani tes PCR (reaksi berantai polimerase), swab (sampel lendir saluran pernapasan), CT scan thorax, serta cek fungsi hati dan elektrolit pada hari Sabtu (4/4/2020).

“Coach Gong akan melakukan isolasi di sebuah rumah sakit di Jakarta. Ia tidak mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk, flu, atau kesulitan bernapas.”

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Gong Oh-kyun memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1).

“Daya tahan tubuhnya kuat. Dia hanya pembawa virus di tubuhnya yang dikhawatirkan bisa menularkan kepada seseorang yang memiliki imunitas lemah,” kata Syarif Alwi.

Lantaran Gong mengidap COVID-19, ia pun batal pulang ke Korea Selatan. Sementara Manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama tiga asistennya, yaitu Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong sudah bertolak ke Korea Selatan pada Jumat (3/4/2020) malam WIB dengan izin PSSI.

Sebelum pulang ke negaranya, empat pelatih tersebut juga menjalani rapid test seperti Gong. Namun, keempatnya dinyatakan negatif dari paparan virus corona.


“Kami mendoakan Coach Gong Oh-kyun cepat pulih dan dapat beraktivitas secara normal lagi nantinya. Saya yakin ia kuat dan tetap dalam motivasi yang tinggi untuk melawan virus corona. Kami juga telah memberitahukan hal ini kepada pihak Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia,” kata Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI.

Demi mencegah penyebaran virus corona, PSSI sejatinya sudah menerapkan protokol dari Kemenpora. Federasi telah melaksanakan bekerja dari rumah (work from home) bagi seluruh karyawan sejak 16 Maret lalu. Selain itu, ada penyemprotan disinfektan di Kantor PSSI.

Tak cuma itu, PSSI juga sudah meminta pelatih, pemain, dan karyawan untuk memonitor diri sendiri sambil menerapkan kebijakan social and physical distancing.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments