Presiden China untuk Pertama Kali Kunjungi Kota Pusat Wabah Corona

By Angelice Onggi - Rabu, Maret 11, 2020

Presiden China Xi Jinping

AGEN SBOBETWuhan - Presiden China, Xi Jinping, secara mendadak mengunjungi kota Wuhan yang menjadi asal kemunculan Virus Corona yang kini merajalela secara global. Kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan Xi sejak wabah Virus Corona merebak di China pada akhir tahun lalu.

Kunjungan Xi ini dilakukan saat langkah karantina massal yang diberlakukan terhadap kota Wuhan dan kota-kota lainnya di wilayah Provinsi Hubei sejak akhir Januari lalu tampak membuahkan hasil, dengan jumlah kasus baru mengalami penurunan dalam beberapa pekan terakhir.

Seperti dilaporkan kantor berita China, Xinhua News Agency dilansir AFP, Selasa (10/3/2020), Xi dilaporkan tiba dengan pesawat di kota Wuhan pada Selasa (10/3) waktu setempat, untuk melakukan 'inspeksi terhadap upaya pencegahan dan pengendalian wabah' di wilayah tersebut.

Selama berada di Wuhan, Xi akan bertemu dengan para pekerja medis yang ada di garis terdepan, para pejabat militer, pelayan masyarakat, polisi, para pasien dan warga setempat.

Virus yang diyakini berasal dari sebuah pasar yang menjual hewan liar secara ilegal di Wuhan pada Desember 2019 ini, telah menyebar luas ke puluhan provinsi China dan ke 110 negara. Sejauh ini dilaporkan lebih dari 4 ribu orang meninggal dunia dan lebih dari 113 orang terinfeksi virus Corona secara global.

Jumlah kasus virus Corona semakin bertambah di beberapa negara, namun di wilayah China daratan jumlah kasus baru mengalami tren menurun dalam beberapa pekan terakhir. Pada Selasa (10/3) ini, otoritas China melaporkan 19 kasus baru yang merupakan angka terendah sejak akhir Januari lalu saat data mulai dirilis.

Dari jumlah itu, sekitar 17 kasus di antaranya ada di kota Wuhan dan dua kasus lainnya merupakan kasus impor atau yang menginfeksi orang-orang yang baru kembali dari luar negeri.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments