Lebih dari 85.000 Kasus Corona Terkonfirmasi di AS, 1.300 Orang Meninggal

By Angelice Onggi - Sabtu, Maret 28, 2020


AGEN SBOBETWashington DC - AS sekarang memiliki lebih dari 85.000 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi, dan mencatat jumlah infeksi tertinggi yang pernah dilaporkan oleh suatu negara dalam satu hari. Angka infeksi virus corona di AS kini sudah melewati China dengan sekitar 81.000 kasus dan Italia dengan sekitar 80.000 kasus.

AS, China dan Italia bersama-sama menyumbang hampir setengah dari jumlah infeksi SARS-CoV-2 sedunia. Saat ini sekitar 530.000 kasus dikonfirmasi di seluruh dunia, dengan angka kematian lebih dari 24.000.

Peningkatan jumlah kasus Covid-19 di AS telah diperkirakan sebelumnya, setelah makin banyak tes virus corona tersedia.

Trump kepada Xi Jinping: "Kami bekerja sama dengan erat"

Presiden AS Donald Trump mengatakan hari Jumat (27/3), dia sudah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping dan membahas "dengan sangat rinci" pandemi virus corona.

"China telah melalui banyak hal dan telah mengembangkan pemahaman yang kuat tentang virus (corona)," tulis Trump di Twitter. "Kami bekerja sama dengan erat."

Menurut media resmi di China, Xi Jinping dalam percakapan telepon mengatakan kepada Donald Trump bahwa Cina dan AS harus "bersatu untuk memerangi" pandemi corona. Minggu-minggu sebelumnya, Trump sempat menyerang Cina dengan mengatakan bahwa negara itu yang menyebabkan munculnya pandemic, dan berulang kali menyebut virus corona sebagai "virus China".

Penyiar televisi pemerintah China CCTV mengatakan, Xi Jinping menyampaikan kepada Presiden AS bahwa China "berkeinginan untuk terus berbagi semua informasi dan pengalaman dengan AS."

Situasi darurat di Washington D.C.

Ibu kota AS, Washington D.C., melaporkan lebih banyak kasus infeksi dan mengonfirmasi 36 kasus baru Kamis, sehingga totalnya menjadi 267 kasus.

Washington DC saat ini dinyatakan berada dalam keadaan darurat dan atraksi-atraksi utamanya seperti museum Smithsonian dan Kebun Binatang Nasional ditutup. Tur Gedung Putih dan Capitol untuk wisatawan juga dibatalkan. Polisi terlihat memblokir jalan-jalan, jembatan dan lintasan lalu lintas utama untuk mencegah orang datang untuk menyaksikan pohon-pohon sakura yang sedang bermekaran.

AS kini mencatat sekitar 1.300 kasus kematian akibat virus corona, dengan hampir seperempat dari kasusnya dilaporkan di New York City. Rumah sakit di kawasan metropolitan itu kewalahan menangani pasien yang terus bertambah.

AS juga mengalami tekanan besar di pasar kerja, setelah pekan lalu sekitar tiga juta orang mendaftar untuk mendapat tunjangan pengangguran. Jumlah ini lima kali lipat dari rekor lama, yang dicatat pada tahun 1982.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments